Senin, 07 Mei 2012

Al Qaeda (ا)لقاعدة


Lambang Bendera Al Qaeda





Pendiri Organisasi Al Qaeda (Osama Bin Laden)


    Al Qaeda (القاعدة) adalah salah satu organisasi bentukan yang didirikan oleh Osama bin Laden. 

Organisasi ini ingin mengkonfrontasi dunia dengan cara menebarkan ide-ide pemikiran baru dan penerapan yang baru kedalam suatu kehidupan.Sejarahpada tahun 1979 ketika ia berangkat ke Afganistan bergabung dalam milisi perang kaum pejuang Afgan yang dikenal sebagai kaum mujahidin yang tetap bertahan dan bertempur melawan Soviet.
 Osama menggalang dana melalui jalur-jalur kekayaan dan relasi-relasi koneksi keluarganya bagi gerakan pertahanan Afgan, dan membantu kaum Mujahidin dengan bantuan logistik dan bantuan kemanusiaan. Osama juga terlibat mengambil bagian dalam beberapa pertempuran selama perang Afganistan.Ketika peperangan melawan Soviet hampir berakhir, Osama mendirikan gerakan Al Qaeda, sebuah organisasi para mantan pejuang Mujahidin dan para pendukung lainnya yang membantmenyalurkan baik dana maupun para pejuang bagi gerakan pertahanan Afgan.Menurut Pemerintah Amerika Serikat, Al Qaeda telah meniru gerakan-gerakan aliansi dengan pola pikir kelompok-kelompok fundamentalis, seperti misalnya kelompok Al-Jihad di Mesir, Gerakan Hizbullah di Iran, Front Islam Nasional di Sudan, dan kelompok-kelompok jihad lainnya di Yaman, Arab Saudi, dan Somalia.tujuan saat Al Qaeda adalah untuk mendirikan kekhalifahan Pan-Islam di seluruh dunia dengan bekerja sama dengan sekutu kelompok ekstremis Islam untuk menggulingkan rezim yang dianggap "non-Islam" dan Barat mengeluarkan dan non-Muslim dari Muslim negara. Pada bulan Februari 1998, Al Qaeda mengeluarkan pernyataan di bawah bendera "Dunia Front Islam untuk jihad melawan orang-orang Yahudi dan Tentara Salib" mengatakan itu adalah tugas semua muslim untuk membunuh warga AS-sipil atau militer-dan sekutu mereka di mana-mana. Al Qaeda akan bergabung dengan Jihad Islam Mesir (Al-Jihad) dari Ayman al-Zawahiri pada bulan Juni 2001.Setelah Al Qaeda,11 September 2001, serangan di Amerika, Amerika Serikat melancarkan perang di Afghanistan untuk menghancurkan basis Al Qaeda di sana dan menggulingkan Taliban, penguasa negara Muslim fundamentalis yang memendam bin Laden dan para pengikutnya. "Al Qaeda" adalah bahasa Arab untuk "dasar."
Anggota-anggota kelompok Al-Qaeda
Tidak mungkin untuk diketahui secara tepat, karena struktur desentralisasi organisasi. Al-Qaeda mungkin memiliki beberapa ribu anggota dan asosiasi. Ini melatih lebih dari 5.000 militandi kamp-kamp di Afghanistan sejak akhir 1980-an.
Hal ini juga berfungsi sebagai titik fokus untuk jaringan seluruh dunia yang mencakup banyak kelompok ekstremis Islam Sunni, beberapa anggota al-Gama'a al-Islamiyya, Gerakan Islam Uzbekistan, dan Harakat ul-Mujahidin. Berikut beberapa nama anggota Al Qaeda yang terdapat dalam dokumen
1.  Osama  bin  Laden        : pembuat  dan  ketua  pimpinan  organisasi  Al Qaeda
2. Dr. Ayman Al  Zawahiri : badan pengurus harian Al Qaeda
3.Mohammad Atef (Abu Hafs) : kepala pimpinan militer Al Qaeda yang menjabat sampai pada saat kematiannya pada serang AS ke Afghanistan
4.)Khalid Shaikh Mohammed :mengambil alih kepala pimpinan militer Al Qaeda sampaiMaret 2003
5.)Abu Zubaida : kepala operasi Al Qaeda sampai Maret 2003
6.)Hambali (Nurjaman Riduan Isamuddin) : satu-satunya  orang non- arab yang memegankepengurusan harian Al Qaeda, tertangkap pada Agustus 2003
7.)Mohammed Jamal Khalifa : adik ipar Osama bin Laden, dikirim ke Philipina untuk hubungan keuangan pada tahun 1988
8.)Ramzi Yousef : tim kreatif pemboman WTC
9.)Wali Khan Amin Shah : veteran Afghanistan
Pada tahun 1998, beberapa pemimpin Al Qaeda mengeluarkan deklarasi menyerukan umat Islam untuk membunuh orang Amerika, dan warga sipil juga sebagai "mereka yang bersekutu dengan mereka dari antara pembantu setan.
Al Qaeda memiliki sel di seluruh dunia dan diperkuat oleh hubungannya dengan jaringan ekstrimis Sunni. Serangan Koalisi di Afghanistan sejak Oktober 2001 telah dibongkar pelindung The Taliban Al Qaeda dan menyebabkan kematian, menangkap, atau penyebaran dari operator Al Qaeda. Beberapa anggota Al Qaeda pada umumnya mungkin akan mencoba untuk melakukan serangan di masa depan terhadap kepentingan AS, daerah yang diketahui beroperasi: Amerika Serikat, Yaman, Jerman, Pakistan.
Al Qaeda adalah jaringan multi-nasional yang memiliki jangkauan global dan telah didukung melalui pembiayaan, pelatihan dan logistik, militan Islamdi Afghanistan, Aljazair, Bosnia, Chechnya, Eritrea, Kosovo, Filipina, Somalia, Tajikistan, danYaman, dan sekarang Kosovo. Selain itu, Al Qaeda telah dikaitkan dengan konflik dan serangandi Afrika, Asia, Eropa, republik-republik Soviet, Timur Tengah, serta Amerika Utara danSelatan. Banyak pengamat Islam Internasional mengatakan bahwa perlawanan Usamah binLadin dan Al Qaeda-nya akan tetap berlanjut selama dunia barat khususnya Amerika Serikattidak mengubah kebijakan yang dianggap tidak adil terhadap negara-negara dunia Islam.
 Kasus Palestina dan keberpihakannya terhadap Israel diantaranya, serta serangan dan pendudukan terhadap Iran membuat masalah yang dikatakan dunia Barat sebagai Terorisme tidak akan selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar